Mudah Banget! Aktivasi Pilihan Termasuk Ongkos Kirim Shopee Dalam 2 Langkah

Cara Mengajukan Aktivasi Pilihan Termasuk Ongkos Kirim Shopee , tujuannya adalah agar kita bisa membuat gratis ongkir terhadap produk yang kita jual

Aktivasi Pilihan Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Dalam artikel kali ini saya mau berbagi Cara Mengajukan Aktivasi Pilihan Termasuk Ongkos Kirim Shopee, tujuannya adalah agar kita bisa membuat ongkir menjadi gratis atau termasuk ongkos kirim terhadap produk yang memang tidak memerlukan pengiriman ataupun tidak punya berat seperti produk non fisik (digital).

Di Channel YouTube Danie Dotnet, saya sudah membuat tutorialnya akan tetapi saya akan tetap membuatkan tutorialnya dalam bentuk artikel.

Buat kalian yang belum tonton video saya yang berjudul cara aktivasi termasuk ongkos kirim di shopee bisa tonton dibawah ini.



Artikel ini ditujukan buat kalian yang jualan di shopee yang dimana kalian menjual produk digital atau non fisik seperti jualan akun, ebook, voucher dll.

Jualan produk digital memang memiliki keuntungan tersendiri seperti stok unlimited jika kita jualan ebook, aplikasi, software, theme, plugin dan sejenisnya.

keuntungan lainnya, kita juga tidak perlu capek capek packing dan membawanya ke kurir, selain itu juga kita nggak perlu nunggu 3-4 hari barang diterima oleh konsumen kita, kita hanya perlu nunggu 4-5 jam setelah barang yang kita kirim bisa sampai dan konsumen dapat mengklik tombol “pesanan diterima“

Apa Itu Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee?

Fitur termasuk ongkos kirim shopee adalah produk yang dijual oleh seller shopee dan ongkirnya tidak dibebankan oleh konsumen, dan dari harga produk tersebut sudah termasuk sama ongkirnya, biar lebih jelas akan saya kasih contoh dibawah ini.

Sadar atau tidaknya mungkin kalian pernah menjumpai produk yang ongkirnya itu ada keterangan "Termasuk Ongkos Kirim" seperti kasusnya pada produk digital dibawah ini.

termasuk ongkos kirim shopee ditolak

...nah, dengan adanya fitur termasuk ongkos kirim di shopee ini, sebagai konsumen kita nggak perlu membayar ongkos kirimnya lagi apa lagi cek resi termasuk ongkos kirim shopee kita, tidak perlu.

Barang yang di kirimpun tidak menggunakan kurir melainkan menggunakan Email, WhatsApp atau apapun itu sesuai kesepakatan kita bersama seller di shopee.

Untuk saat ini, hanya Penjual terpilih Shopee yang bisa mengaktifkan jasa kirim ini. Penjual bisa mengaktifkan pilihan ini jika menjual produk tertentu atau ingin mengirimkan pesanan dengan kurir sendiri.

Produk Apa Saja Yang Mendukung Fitur Termasuk Gratis Ongkir Shopee???

Seperti yang saya singgung tadi di awal tujuan utama kita mengaktifkan fitur termasuk ongkos kirim di Shopee ini tentunya untuk menghindari biaya pengiriman yang seharusnya di bayar oleh konsumen kita.

…dan berikut ini adalah produk yang menggunakan jasa kirim tidak terintegrasi di shopee
  1. Produk non fisik (contoh: voucher pulsa, e-book)
  2. Produk butuh penanganan khusus
  3. Produk memerlukan instalasi
  4. Produk terlalu besar/terlalu berat
  5. Lainnya

Apa Saja Keuntungan Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Berikut beberapa keuntungan fitur termasuk ongkos kirim Shopee untuk penjual dan pembeli.

Keuntungan daftar termasuk ongkos kirim Shopee untuk penjual:
  1. Seller tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengirimkan produk (Gratis ongkir).
  2. Produk lebih cepat sampai ke pembeli.
  3. Memudahkan pembeli untuk membeli produk dalam jumlah yang besar.
  4. Meminimalisir kerugian produk yang tidak dikirimkan oleh seller seperti produk digital (non fisik).
  5. Meminimalisir produk dikembalikan oleh seller (Retur).
Keuntungan membeli produk termasuk ongkos kirim untuk pembeli Shopee:
  1. Menghemat biaya belanja karena tidak perlu membayar ongkos kirim produk.
  2. Tidak perlu menunggu produk di packing dan dikirimkan via jasa pengiriman (Produk digital).
  3. Mengurangi resiko produk cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi produk.
  4. Memudahkan instalasi produk tanpa harus menyewa jasa instalasi (Produk khusus dengan intalasi).
  5. Meminimalisir bahaya produk sampai di tempat (produk memerlukan penanganan khusus seller).

Cara aktifkan fitur Termasuk Ongkos kirim di Shopee

Sebelum kita melakukan pendaftaran termasuk ongkos kirim untuk toko Shopee kita, ada beberapa yang perlu di siapkan seperti scan KTP/KK/SIM dan Buku tabungan, kalau sudah disiapkan berikut ini adalah cara mendaftar termasuk ongkos kirim Shopee:

#1. Masuk Melalui Browser

Masuk ke https://seller.shopee.co.id atau kalau mau lebih cepat klik link ini pengaktifan non integratrated channel maka kalian akan di arahkan kehalaman berikut ini seperti pada gambar dibawah.

jual beli akun shopee termasuk ongkos kirim

#2. Isi formulir yang disediakan

Silahkan isi semua form yang tersedia seperti:
  • Nama Pelapor – Masukan nama kalian sesuai dengan KTP
  • Username Shopee – Masukan username shopee yang ingin kalian daftarkan termasuk ongkos kirim ini
  • Alamat Email – Gunakan email yang kalian daftarkan di Shopee pada toko kalian
  • Upload Dokumen – Bisa pilih salah satu, silahkan upload KTP/SIM/KK dalam bentuk gambar atau scan, kalau tidak punya scanner bisa gunakan kamera hp kalian untuk memfoto dokumen tersebut
  • Nomor Dokumen – Jika kalian mengupload KTP, maka masukan nomor NIK KTP kalian begitu juga seterusnya
  • Buku Tabungan – Silahkan Foto buku tabungan yang dibagian depan atau halaman pertamanya.
  • Nomer Rekening – Input nomer Rekening sesuai dengan bang yang kalian gunakan
  • Link Produk – kemudian masukan link produk yang kalian jual di form “produk apa yang dijual?” jika produknya banyak gunaka baris (enter) untuk memisahkannya jangan menggunakan koma
  • Alasan – dibagian alasan silahkan sesuaikan dengan kondisi produk yang kalian jual, kalau menjual produk digital pilih saja alasan yang palinh atas.
…dan jangan lupa klik tombol kirim, agar pengajuan kita masuk ke systemnya Shopee

Setelah Anda melakukan pengisian formulir, pihak Shopee akan memberi tahu hasil pengajuan Anda dalam 3-5 hari kalender. Berhasil atau tidaknya proses registrasi akan diinformasikan melalui email yang terhubung dengan akun Shopee kita. Jadi, silakan cek secara berkala.

Apabila dalam waktu yang ditentukan kita belum mendapatkan informasi, silakan hubungi Customer Service Shopee. Apabila pengajuan aktivasi jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim” ditolak, tingkatkan lagi performa toko kalian dan silahkan lakukan proses pengajuan ulang

Kriteria performa jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim”

Kita harus memastikan tingkat pengembalian pesanan menggunakan jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim” selalu berada di bawah 10%.

Jika performa tingkat pengembalian tidak memenuhi kriteria, kita akan mendapatkan notifikasi peringatan yang dikirim setiap hari Selasa. Apabila performa kita tidak mengalami peningkatan dalam 1 minggu, pilihan jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim” akan dinonaktifkan pada hari Jumat minggu berikutnya.

Tips mempertahankan jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim”

  • Mengemas pesanan dan memasukkan no. resi tepat waktu.
  • Memastikan jasa kirim yang dipakai tepat waktu dalam mengirimkan pesanan.
  • Mengirim pesanan sesuai dengan gambar dan deskripsi produk.

Pemantauan jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim”

Per tanggal 1 Februari 2021, Shopee akan melakukan pemantauan kepada Penjual yang mengaktifkan jasa kirim “Termasuk Ongkos Kirim” baik pada tingkat toko, maupun produk. Penjual diharuskan untuk tetap mengaktifkan salah satu jasa kirim yang didukung Shopee pada produk yang dapat menggunakannya.

Jika Penjual tidak mengaktifkan jasa kirim yang didukung Shopee pada produk yang bisa menggunakan jasa kirim tersebut, maka produk tersebut akan diblokir oleh Shopee melalui Seller Centre.

Dan itulah penjelas dan cara kita melakukan aktivasi jasa kirim “termasuk ongkos kirim” semoga artikel ini bisa bermanfaat, mohon bantuannya untuk Subscribe Channel YouTube saya yang sudah saya sediakan pada sidebar blog ini, terimakasih.
Farhamdani

Hanya seorang pria yang hoby cari receh di internet untuk melunasi cicilan panci, mari berteman dengan saya!

Silahkan Berkomentar Suka-Suka Hatinya Bro!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama